Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Kotim Ikuti Program Evaluasi Penerapan Smart City

Kotawaringin Timur, 14 Juni 2023 – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur aktif mengambil bagian dalam kegiatan Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) dan Forum Smart City 2023 yang diselenggarakan di Shangri-La Hotel, Kota Surabaya mulai tanggal 12 hingga 14 Juni 2023. Kegiatan ini dibuka oleh Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Teknologi, Ir. Mochamad Hadiyana, M.ENG, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kabupaten Kotawaringin Timur, Rafiq Riswandi, S.T, M.Si, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Kotim, serta Marjuki, S.Pd, M.SM, selaku Wakil Ketua Pelaksana Smart City yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotawaringin Timur, turut hadir dalam kegiatan ini. Mereka didampingi oleh koordinator dari Dimensi Smart Economy, Smart Branding, Smart Living, serta Smart Society, serta tim teknis yang bertugas mendukung implementasi program Smart City Kabupaten Kotawaringin Timur.

Ketua Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Kotawaringin Timur, Rafiq Riswandi, S.T, M.Si, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi perkembangan dan implementasi program Smart City di daerah.

“Pada kegiatan ini juga dibahas berbagai tantangan dan peluang untuk pengembangan implementasi program kota cerdas (Smart City),” ujar Rafiq.

Rafiq juga menyebutkan bahwa Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan salah satu dari 191 Kabupaten/Kota yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini. Selain evaluasi, kegiatan ini juga diadakan seminar yang bertajuk “Mencerdaskan Kota dan Kabupaten untuk Indonesia Cerdas”.

Kepala Diskominfo Kabupaten Kotawaringin Timur, Marjuki, S.Pd, M.SM, mengungkapkan bahwa sebelumnya Tim Pelaksana Smart City Kabupaten Kotim telah menggelar rapat koordinasi pada tanggal 26 Mei 2023 untuk mengumpulkan data pendukung.

“Kami juga telah mengadakan rapat koordinasi dengan Dewan Smart City pada tanggal 26 Mei 2023, yang membahas program prioritas dalam enam dimensi pilar Smart City,” ungkap Marjuki.

Dalam kegiatan ini, Kotim telah menyiapkan data dukung terkait implementasi Smart City di daerah yang akan dipresentasikan.

Selama tiga hari kegiatan berlangsung, peserta evaluasi program Smart City mengikuti serangkaian aktivitas, termasuk pemaparan materi mengenai percepatan pembangunan Kota Cerdas (Smart City) di Indonesia yang disampaikan oleh Walikota Surabaya, Walikota Surakarta, dan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kemkominfo. Selain itu, juga diadakan talkshow mengenai Tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

0 komentar

Belum ada komentar

Tuliskan pesan/tanggapan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *