Digital Kliping

Visi dan Misi

Visi :

Berdasarkan kondisi Kabupaten Kotawaringin Timur dan tantangan yang dihadapi dalam 20 tahun kedepan, Visi Pembangunan Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2005-2025 adalah: ”Demokratis, Adil, Maju, Aman, Indah-Lestari, Mandiri, Taqwa, Profesional”. Disingkat menjadi Motto Damai dan Mantap.

Misi :

1. Mewujudkan Kabupaten Kotawaringin Timur yang Asri dan Lestari

2. Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia

3. Mengembangkan Industri Pengolahan

4. Mengembangkan sektor pertanian yang sesuai dengan lahan di Kotawaringin Timur

5. Mengembangkan Kondisi Sosial Politik yang Demokratis, Saling Tenggang Rasa, Persatuan, dan Aman

6. Meningkatkan Pelayanan Fasilitas Sosial

7. Mewujudkan Masyarakat yang Beriman dan Bertaqwa

8. Pemerataan Pembangunan Sarana Prasarana Ekonomi

9. Meningkatkan Pelayanan Sarana dan Prasarana Permukiman

10. Melakukan Pencegahan dan Penanganan Bencana

11. Meningkatkan Profesionalisme Pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur

12. Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Pemerintahan Kabupaten Kotawaringin Timur

Tugas dan Fungsi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang diberikan kepada Kabupaten di bidang infrastruktur, komunikasi, informatika, persandian, dan statistik daerah;

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud ayat (1) Diskominfo menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengoordinasian pengelola informasi dan komunikasi publik untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah serta pelayanan hubungan media di daerah;
  2. Pengoordinasian pelayanan informasi publik dan penyediaan konten lintas sektoral, serta penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik dan penyediaan akses informasi;
  3. Pengoordinasian layanan komunikasi intra Pemerintah Daerah, layanan infrastruktur dasar data center dan disaster recovery center, serta pengembangan intranet dan pengaturan akses internet Pemerintah Kabupaten dengan mengacu kepada integritas dan keamanan informasi;
  4. Pengoordinasian layanan pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik, spesifik dan suplemen yang terintegrasi, layanan manajemen data informasi e-Government, dan integrasi layanan publik dan kepemerintahan;
  5. Pengoordinasian layanan nama domain dan sub domain bagi lembaga, pelayanan publik, dan kegiatan tingkat Kabupaten, pengembangan sumber daya TIK Pemerintah Daerah dan masyarakat, penyelenggaraan Government Chief Information Officer (GCIO) Pemerintah Kabupaten dan penyelenggaraan ekosistem TIK Smart City Kabupaten;
  6. Pengoordinasian penyelenggaraan statistik sektoral, persandian dan keamanan informasi Pemerintah Kabupaten; dan
  7. Pengoordinasian pelaksanaan tugas–tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai kewenangan dan tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan bidang infrastruktur, komunikasi, informatika, persandian, dan statistik daerah

Untuk melaksanakan tugas pokok yang dimaksud pada ayat (1), Kepala Dinas menyelenggarakan fungsi :

  1. perumusan, penetapan, pelaksanaan kebijakan operasional dan strategis, program, anggaran dan teknis di bidang infrastruktur, komunikasi, informatika, persandian, dan statistik daerah;
  2. pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengevaluasian pelaksanaan tugas bidang dan urusan adminitrasi dinas bidang infrastruktur, komunikasi, informatika, persandian, dan statistik daerah; dan
  3. pelaksanaan tugas lain yang diberikan Pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Dinas mempunyai uraian tugas sebagai berikut :

  1. Merumuskan dan menetapkan kebijakan operasional dan strategis, program, anggaran serta teknis di bidang infrastruktur, komunikasi, informatika, persandian dan statistik daerah berdasarkan peraturan perundang-undang yang berlaku;
  2. Mengelola dan mengarahkan bawahan dalam pelaksanaan program, kegiatan, tugas, dan urusan administrasi dinas di bidang infrastruktur, komunikasi, informatika, persandian, dan statistik daerah;
  3. Mengoordinasikan pelaksanaan program operasional melalui media cetak maupun elektronik, forum ceramah, diskusi, audio visual dengan sarana mobil unit penyebaran informasi serta membina hubungan kerjasama dengan para tokoh masyarakat dan organisasi kemasyarakatan dari instansi terkait dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas;
  4. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan dan program di bidang infrastruktur, komunikasi, informatika, persandian, dan statistik daerah sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan kegiatan dan program tahun berikutnya;
  5. Menyampaikan laporan kepada Pimpinan mengenai tugas pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan; dan
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan sesuai bidang tugas dan tanggung jawabnya.

Sekretariat

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas mempunyai tugas pokok mengoordinasikan penyusunan program, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Dinas Komunikasi dan

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris mempunyai fungsi:

  1. Pengoordinasian penyusunan kebijakan dan rencana kerja dinas;
  2. Pengoordinasian perencana dan pelaksanaan kegiatan bidang-bidang;
  3. Pengoordinasian pengelolaan administrasi umum meliputi       ketatalaksanaan, ketatausahaan, kepegawaian, kehumasan, perpustakan dan kearsipan, penatausahaan dan pelaporan keuangan serta barang daerah;
  4. Pengoordinasian, pengendalian, pembinaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan;
  5. Verifikasi pertanggungjawaban kegiatan; dan
  6. Pelaksanaan tugas–tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekretariat mempunyai uraian tugas :

  1. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan (Rencana Kerja Anggaran–Dokumen Pelaksanaan Anggaran) di Sekretariat setiap tahun mengacu kepada perencanaan strategis Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mencapai target dan sasaran pelaksanaan tugas;
  2. Mengelola kegiatan berupa pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data dan laporan, penyusunan rencana anggaran, pengelolaan penatausahaan keuangan dan penyusunan laporan pertanggung jawaban keuangan, pelaksanaan urusan ketatausahaan, urusan rumah tangga dan perlengkapan, administrasi kepegawaian, dan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan berkenaan dengan uraian tugas, informasi jabatan dan prosedur kerja serta perpustakaan;
  3. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan dan bahan lain yang berhubungan dengan sekretariat sebagai acuan pelaksanaan tugas;
  4. Melakukan pengawasan melekat dan menilai kinerja bawahan sesuai ketentuan peraturan guna pembinaan disiplin dan pembinaan karir pegawai;
  5. Memberikan pelayanan teknis administrasi kepada perangkat dinas yang terkait bidang tugas sesuai ketentuan peraturan guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Melakukan koordinasi kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka penyelenggaraan program, umum dan perlengkapan, kepegawaian dan keuangan guna terwujudnya tata kelola sekretariat yang baik;
  7. Mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan dan program sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan kegiatan dan program tahun berikutnya;
  8. Menyampaikan laporan kepada Pimpinan mengenai tugas-tugas pekerjaan yang telah selesai dilaksanakan; dan
  9. Melakukan tugas-tugas pekerjaan lainnya sesuai dengan petunjuk Kepala

Sub Bagian Umum dan Pelaporan

Subbagian Umum dan Pelaporan dipimpin oleh Kepala Subbagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris serta mempunyai tugas pokok pelayanan dan pengelolaan urusan tata usaha, rumah tangga, pengelolaan kepegawaian, pengelolaan aset dan perlengkapan SKPD, humas, keprotokolan, organisasi dan ketatalaksanaan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Subbagian Umum dan Pelaporan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana program dan kegiatan di bidang umum dan pelaporan;
  2. Penyiapan bahan-bahan untuk penyusunan operasional dan pelayanan pemenuhan kebutuhan kantor untuk keperluan pelaksanaan tugas;
  3. Pengelolaan pelayanan administrasi surat menyurat;
  4. Pengelolaan bahan penataan organisasi, tatalaksana dan analisis jabatan;
  5. Pengelolaan, penataan, dan pemeliharaan arsip serta menyiapkan proses penyusutan arsip dan dokumen;
  6. Penyiapan data basis program untuk menyusun rencana kegiatan dan untuk menyusun rencana penyaluran serta pemantauan barang;
  7. Pengelolaan data dari semua bidang sebagai bahan penyusunan laporan kinerja pemerintah, laporan tahunan Dinas Komunikasi dan Informatika;
  8. Pengolahan dan pemutakhiran data pegawai, perencanaan kebutuhan pegawai, pembinaan, pengembangan karier pegawai, peningkatan kesejahteraan, dokumentasi, pemberian penghargaan dan penyiapan purnakarya (pensiunan);
  9. Pengelolaan ketentuan perundang-undangan dan produk hukum di bidang kepegawaian khususnya, dan bidang infrastruktur, komunikasi, informatika, persandian, serta statistik daerah pada umumnya; dan
  10. Pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan.

Subbagian Umum dan Pelaporan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) mempunyai uraian tugas :

  1. Mengelola bahan-bahan rencana program dan kegiatan untuk penyusunan operasional di bidang kesekretariatan;
  2. Mengelola pelayanan pemenuhan kebutuhan kantor untuk keperluan pelaksanaan tugas, pelayanan administrasi surat menyurat, penyimpanan, penataan, pemeliharaan arsip, menyiapkan proses penyusutan arsip dan dokumen serta mengelola basis data untuk menyusun rencana penyaluran barang hingga memantau penyalurannya;
  3. Menghimpun data dari semua bidang sebagai bahan penyusunan laporan kinerja pemerintah, laporan tahunan Dinas Komunikasi dan Informatika;
  4. Mengelola administrasi kepegawaian berupa dokumentasi pengolahan pemutakhiran data pegawai, perencanaan kebutuhan pegawai, pengembangan dan pembinaan karier pegawai, peningkatan kesejahteraan pegawai, pemberian penghargaan purnakarya (pensiunan), penghimpunan bahan penataan organisasi, tatalaksana, dan analisis jabatan;
  5. Menghimpun ketentuan perundang-undangan dan produk hukum yang dibuat oleh bidang kepegawaian khususnya, dan bidang infrastruktur, komunikasi, informatika, persandian, serta statistik daerah pada umumnya;
  6. Menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Keuangan dan Perencanaan

Sub Bagian Keuangan dan Perencanaan dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris serta mempunyai tugas pokok pengelolaan administrasi keuangan/anggaran, perencanaan program dan kegiatan SKPD

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sub Bagian Keuangan dan Perencanaan menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengelolaan bahan dan data keuangan, pembayaran gaji, insentif, honorarium pegawai;
  2. Penghimpunan petunjuk teknis di bidang pelaksanaan anggaran, pembukuan, perbendaharaan dan verifikasi;
  3. Penghimpunan, pengklarifikasian serta mengolah data dan bahan analisis pelaksanaan anggaran, pembukuan, perbendaharaan dan verifikasi;
  4. Pembinaan dan pengawasan pelaksanaan tugas bendaharawan;
  5. Penyiapan bahan dan data penyusunan program dan anggaran; dan
  6. Penghimpunan data dari semua bidang sebagai bahan penyusunan program dan anggaran Dinas Komunikasi dan Informatika

Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sub Bagian Keuangan dan Perencanaan mempunyai tugas :

  1. Mengelola bahan, rencana kegiatan dan anggaran Sub Bagian Keuangan dan Perencanaan;
  2. Mengelola bahan penyusunan satuan biaya, daftar isian pelaksanaan anggaran, petunjuk operasional kegiatan, dan perubahan anggaran;
  3. Mengelola administrasi keuangan berupa kerjasama dengan unit kerja dan instansi terkait dalam rangka penyusunan rencana kerja, baik rencana kerja tahunan, jangka menengah maupun jangka panjang, menyusun rencana anggaran belanja tidak langsung, anggaran belanja langsung, rencana penerimaan dan pendapatan dinas, koordinasi dan kerjasama penyusunan rencana anggaran belanja dan rencana pendapatan dan penerimaan;
  4. Mengelola bahan penyusunan petunjuk teknis dan melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan, akutansi, dan verifikasi keuangan;
  5. Mengelola urusan perbendaharaan berupa pengelolaan penerimaan negara bukan pajak, pengujian dan penerbitan surat perintah membayar, urusan gaji pegawai, pengesahan dokumen anggaran, evaluasi realisasi anggaran;
  6. Menyiapkan bahan dan menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan dan pengelolaan dokumen keuangan;
  7. Menyiapkan bahan dan mengusulkan pejabat pengelola perbendaharaan;
  8. Menyusun laporan dan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas pegawai pada Sub Bagian Keuangan dan Perencanaan; danMelaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai tugas dan fungsinya

 

 

 

 

Profil Pejabat

Daftar Riwayat Hidup

Multazam, ST, M.MT dilahirkan di Palangka Raya, 28 Mei 1968 dari pasangan seorang ayah H. Muhammad Kasyful Anwar (Alm) dan Ibu Hj. Mardiyah (Almh). Sejak kecil sampai dengan Sekolah Menengah Atas di Palangka Raya, mulai dari SD Palangka IV, di SMPN 1 Palangka Raya menjadi Pelajar Teladan Tingkat Kota Palangka Raya dan Tahun 1987 menyelesaikan SMA Negeri 1 Palangka Raya. Sejak kecil senang berorganisasi mulai dari Pramuka, Paskibraka dan PMI. Menempuh DII di Politeknik Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dengan predikat lulus terbaik serta aktif di Kompi Bantuan Menwa Politeknik Unlam Banjarmasin. Melanjutkan S1 di Univeritas 17 Agustus 1945 Surabaya mengambil Jurusan Teknik Mesin. Pernah menjadi Tenaga Pendidik di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sampai dengan Tahun 1999. Selama di Surabaya aktif di Senat Mahasiswa, kegiatan mahasiswa di unit himpunan mahasiswa fakultas dan kampus  serta Unit Kegiatan Mahasiswa Fotografi dan Forum  Pendidikan dan Penalaran.

Menikah di Surabaya dengan Ir. Rina Purwinarjani Tahun 1996. Anak 2 (dua) orang yang masih mengeyam pendidikan di S1 Kedokteran Umum di Surabaya, Naza Naratama Wikananda dan Noza Narawangsa Moyananda.Diawali pada 1 Maret 1999 menjadi staf di Bappeda Kabupaten KotawaringinTimur. Tahun 2012 menjadi Sekretaris Badan Ketahanan Pangan, 3 bulan kemudian  menjadi Sekretaris Dinas Pertanian, Peternakan, Penyuluhan dan Ketahanan Pangan. Sejak Tahun 2014 di angkat sebagai Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam kesehariannya sambil membantu unit Palang Merah Indonesia Kab. Kotawaringin Timur, Kwarcab Pramuka Kab. Kotim, Pengda IOF Kalteng, KONI Kab. Kotim dan organisasi lainnya.

Tahun 2001 melanjutkan pendidikan di Institut Sepuluh November Surabaya dengan mengambil Program Studi Manajemen Proyek.Setelah selesai, tahun 2003 langsung kembali bekerja. Pernah bekerja Dinas Pekerjaan Umum Bidang Bina Marga sampai tahun 2008 dan Bidang Tata Ruang sampai dengan Tahun 2010.Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Tahun 2010 melanjutkan penyelesaian Operasional LPSE dan SPSE di Kabupaten Kotim. Ikut serta membangun Layanan Pengadaan Secara Elektronik bersama penggiat diantaranya membantu LPSE Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Pulang Pisau.

Pada tahun 2017 mengikuti Lelang Jabatan Pratama. Per 1 Agustus 2017 aktif sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Membangun Diskominfo dengan banyak berjejaring dengan pihak ekternal. Teknik Elektro ITS menjadi tempat untuk berdiskusi, mendapat sertifikat GCIO (Government Chief Information Officer) dari BNSP Indonesia melalui Inixindo Yogyakarta, di jadikan Ketua Forum Kadis Kominfo Kabupaten/Kota Se Kalimantan Tengah dan aktif sebagai Ketua DPP Orlok ORARI Kotawaringin Timur dengan callsign YC7SRB.

Tahun 2018 mendirikan Saka Kominfo sebagai perwujudan membangun generasi muda milenial di Kabupaten Kotawaringin Timur.

 

 

Lokasi

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Kotawaringin Timur
Jl. Ahmad Yani No. 118 Sampit, Kalimantan Tengah 74300
e-mail : diskominfo@kotimkab.go.id
Telepon: (0531) 2068544
© 2021 Diskominfo Kab. Kotim