Profil

Profil (1)

Friday, 12 October 2018 01:41

Profil Diskominfo 2018

Written by

Era keterbukaan yang lebih mengedepankan aspek transparansi, efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas, Good Govermment tata pemerintahan yang baik, merupakan issue pokok yang menjadi pusat perhatian semua institusi untuk berupaya menjadikannya sebagai sasaran capaian dalam meningkatkan kinerja organisasi. Disamping itu semakin ketatnya persaingan global, menuntut setiap institusi untuk dapat menerapkan prinsip Good Government sebagai prasyarat agar tetap mampu berkiprah sejajar dengan kompetitor yang tidak hanya dalam lingkup lokal, tetapi sampai dalam lingkup global.

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sudah memberikan bukti mampu menciptakan media yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu dalam menstransformasikan dari dan berbagai penjuru dunia dan sebagai salah satu solusi dalam mewujudkan Good Government. Namun disisi lain kondisi masyarakat yang belum sepenuhnya paham akan perlunya teknologi informasi dan komunikasi juga perlu memperoleh perhatian agar pada saatnya mereka tidak menjadi kelompok terpinggirkan hanya karena ketidaksiapan dalam memahami peran TIK dalam kehidupannya.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan upaya untuk memfasilitasi terwujudnya Good Government melalui electronic govermment (e-government), pengurangan terjadinya kesenjangan informasi, penyebarluasan informasi dan pemberdayaan kepada masyarakat dibidang TIK, serta melaksanakan fungsi dibidang persandian.

Visi

Terwujudnya Pelayanan Komunikasi dan Informatika yang Terintegrasi dalam Mendukung Pembangunan Daerah

Misi

  • Meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) di bidang komunikasi dan informatika;
  • Mewujudkan ketersediaan sarana dan prasarana komunikasi dan informasi yang memadai;
  • Meningkatkan pelayanan yang tertib, lancar aman, nyaman dan terjangkau;
  • Meningkatkan kapasitas layanan informasi dan pemberdayaan potensi masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat informasi;
  • Mewujudkan pelayanan prima di bidang teknologi komunikasi dan informatika terhadap aparatur daerah dan masyarakat.

Struktur Organisasi

Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan, Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, maka susunan organisasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur terdiri dari :

  1. Kepala Dinas.
  2. Sekretariat yang terdiri dari :
  3. a) Sub Bagian Umum dan Pelaporan;
  4. b) Sub Bagian Keuangan dan Perencanaan.  
  5. Bidang Pengembangan Teknologi Informatika, terdiri dari :
    1. Seksi Layanan dan Pengendalian Teknologi Informatika;
    2. Seksi Pengembangan, Pengelolaan Data, Aplikasi dan Persandian; dan
    3. Seksi Infrastruktur dan Telekomunikasi.
  6. Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, terdiri dari :
    1. Seksi Pengelolaan Aspirasi dan Produksi Informasi;
    2. Seksi Pengelolaan Saluran Komunikasi Publik; dan
    3. Seksi Pengembangan Kemitraan Komunikasi dan Layanan Informasi Publik
  7. Kelompok Jabatan Fungsional; dan
  8. Unit Pelaksana Teknis Dinas.

Tujuan

Mewujudkan peningkatan kualitas layanan telekomunikasi dan informatika.

Sasaran

  1. Meningkatnya pelayanan telekomunikasi dan informatika;
  2. Meningkatnya penyebarluasan informasi pembangunan daerah kepada masyarakat;
  3. Tersedianya SDM dan sarana prasarana TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi);
  4. Terwujudnya penyebaran informasi melalui media online;
  5. Tersedianya layanan internet publik dan pemerintah.

Stategi dan Kebijakan

Sasaran Pertama

Meningkatnya pelayanan Komunikasi dan Informatika

Strategi :

  1. Penyediaan sarana dan prasara komunikasi & informatika
  2. Penyediaan Aplikasi untuk Pemerintah dan publik

Kebijakannya :

  1. Pengadaan sarana dan prasarana komunikasi dan informatika
  2. Pengadaan aplikasi yang mudah untuk end user

Sasaran Kedua

Meningkatnya penyebarluasan informasi pembangunan daerah kepada masyarakat.

Strategi :

Meningkatkan penyebaran informasi

Kebijakan :

Melakukan penyebaran melalui media dan masyarakat

Sasaran Ketiga

Tersedianya SDM dan sarana  Prasarana TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi) 

Strategi :  

  1. Pembangunan sarana dan prasarana TIK
  2. Pembangunan jaringan dengan seluruh pemangku kepentingan TIK

Kebijakan :

  1. Membangun sarana dan prasarana telematika
  2. Kerjasama dengan Institusi Pendidikan yang kompeten dibidang TIK

Sasaran Keempat

Terwujudnya penyebaran informasi melalui media online dan media lainnya  

Strategi :

  1. Peningkatan sarana dan prasarana baik berupa hardware, software dan jaringan untuk mengikuti perkembangan dan kemajuan TIK
  2. Pengadaan dan pengelolaan bandwidth internet.
  3. Pemeliharaan jaringan komunikasi dan informasi kabupaten
  4. Pemeliharaan sarana dan prasarana pemberdayaan TIK
  5. Meningkatkan penyebaran informasi melalui website pemerintah daerah atau media website lainnya.

 Kebijakan :

  1. Meningkatkan sarana dan prasarana berupa berupa hardware, software dan jaringan sesuai dengan majunya TIK
  2. Bandwidth internet untuk Network Operations Center (NOC)
  3. Pemeliharaan jaringan interkoneksi antar SKPD yang terbangun
  4. Pemeliharaan sarana dan prasarana pelatihan TIK bagi ASN/masyarakat
  5. Melakukan kerjasama dengan media massa
  6. Merekrut pegawai sebagai jurnalis untuk

Sasaran Kelima

Tersedianya layanan internet publik dan Pemerintah

Srateginya:

  1. Memberikan pelatihan TIK bagi ASN dan masyarakat
  2. Memasang akses internet di area publik

Kebijakannya:

  1. Melakukan kerjasama dengan sekolah kejuruan/perguruan tinggi/lembaga pendidikan/lembaga lainnya.
  2. Kerjasama dengan internet service provider

 

 

 
?>

Informasi Daerah

 


 

 

 

 

 

 

Inovasi

Inovasi2

Inovasi3

Inovasi4