Berita

Berita (53)

Jajaran kepala dan perwakilan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosantik) se-Kalimantan Tengah menggelar pertemuan bersama ANTARA di Palangka Raya, Senin (7/10). "Pertemuan itu membahas tentang kerja sama penyebaran informasi melalui kanal-kanal distribusi selain portal, berupa media indoor dan outdoor," kata CEO Antara Digital Media Darmadi.

Pertemuan itu sebagai percepatan proses sosialisasi kepada seluruh pemda di Indonesia, termasuk di Kalteng. Hingga pada akhirnya masing-masing pemda menjadi jejaring ANTARA dan mendapat banyak manfaat. "Konsep ini kami namakan 'Tersebar Satukan Negeri', melalui media indoor dan outdoor, yang ada pada tempat-tempat pelayanan umum yang menjadi titik berkumpulnya masyarakat dan lokasi strategis lainnya," ungkapnya.

Saat ini media indoor dan outdoor itu telah terbangun di berbagai wilayah Indonesia, nantinya sarana serupa juga akan dibangun di Kalteng.

Sementara itu Kadiskominfosantik Kalteng Herson B Aden mengatakan, menindaklanjuti hal tersebut seluruh Kominfo kabupaten dan kota diminta mulai mempersiapkan lokus serta aksesibilitas rencana pembangunan sarana dimaksud. "Lokus maupun aksesibilitasnya haruslah dipastikan, agar saat sudah direalisasikan pembangunannya tidak menemui kendala. Termasuk masalah perizinannya, karena di setiap daerah kadang aturannya berbeda," tuturnya.

Ketua Forum Diskominfosantik Kalteng Multazam mengaku senang dan mengapresiasi program yang dimiliki ANTARA tersebut, sebab sangat membantu dalam hal penyebaran informasi kepada publik. "Banyak yang bisa kami manfaatkan terkait penyebaran informasi daerah, baik sektor pariwisata, usaha kecil menengah dan lainnya," jelasnya yang menjabat sebagai Kadiskominfosantik Kotawaringin Timur.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Sekretariat KORPRI telah melaksanakan kegiatan Siraman Rohani yang dilaksanakan di Gedung Wanita Jl. A. Yani Sampit, Jum’at (4/10-2019) dalam rangka pembinaan mental dan kerohanian Islam bagi Anggota KORPRI. Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kab.Kotim, yang mewakili SOPD, Sekretaris KORPRI, Pengurus KORPRI, dan para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Selaku penceramah adalah Bapak Mukrandi, S.Pd.

Bupati Kotawaringin Timur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab.Kotawaringin Timur Nur Aswan,SH. mengatakan bahwa, kegiatan siraman rohani dan mental bagi ASN khususnya di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur memiliki arti dan berperan bagi keberhasilan pembinaan ASN dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta dapat menjadi landasan untuk membangun perubahan dan karakter ASN sehingga dalam setiap pelaksanaan tugas sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memerangi segala bentuk pelanggaran norma dan aturan hukum yang berlaku.

Kepada para ASN hendaknya kita semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara. Niscaya hal ini secara langsung maupun tidak langsung dapat menjadi landasan untuk membangun perubahan dan karakter ASN. Hal ini menjadikan ASN yang berjiwa melayani serta dapat memotivasi diri untuk iklas mengabdi, sadar tugas dan fungsinya, serta bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban sebagai abdi masyarakat dan abdi negara.

Acara pembinaan mental dan rohani ini juga merupakan sarana silaturahmi bagi kita semua khususnya ASN yang berada di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Mari kita sambut tantangan pekerjaan dan tantangan pembangunan dengan kesiapan mental dan rohani yang lebih baik dari sebelumnya, katanya. (BID-PIKP)

Anjungan Sampit merupakan bangunan rumah panggung dari kayu ulin yang lebih mencirikan arsitektur tradisional khas Dayak.  Di dalam rumah inilah di pamerkan perabotan rumah tangga, peralatan masak, piring keramik kuno ranjang tempo dulu lengkap dengan kelambu, peralatan tradisional yang digunakan untuk bertani, berkebun, menangkap ikan, peralatan pengolahan hasil pertanian dengan teknologi sederhana, anyam anyaman, sarana transportasi, hingga sarana informasi dan hiburan serta berbagai barang jadul lainnya yang menggambarkan peradaban dan kehidupan sehari hari masyarakat Kotawaringin Timur tempo dulu. Hal ini diharapkan menjadi destinasi wisata di Kabupaten kotawaringin Timur yang memiliki keunikan khas dan menarik.

Untuk menambah destinasi baru, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah meresmikan Anjungan Sampit Rumah Sejarah Peradaban Kotawaringin Timur yang terletak di jalan Arjuno 8 nomor 223 sampit.

Bupati Kotawaringin Timur diwakili Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur telah meresmikan Anjungan Sampit, Selasa (1/10-2019). Acara peresmian dihadiri oleh Sekretaris Daerah, FORKOMPIMDA, Kepala SOPD, Kepala Kemenag, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dewan Adat Dayak, Tokoh Masyarakat, LSM, Jurnalis.

Bupati Kotawaringin Timur diwakili oleh Sekretaris Daerah H.Halikinnor,SH,MM dalam sambutannya mengatakan bahwa  atas nama Pemerintah Daerah maupun secara pribadi beliau menyampaikan penghargaan dan mengucapkan terima kasih bahwa ada warga masyarakat yang tergerak hatinya untuk melestarikan sejarah peradaban masyarakat melalui wadah anjungan berupa rumah sejarah seperti yang kita saksikan hari ini. Karena unutk mengumpulkan,,merawat,menata dan memelihara barang peninggalan nenek moyang kita tak hanya membutuhkan waktu dan tenaga,tetapi juga finansial dan kesabaran.                     

Tentu saja keberadaan Anjungan Sampit sebagai Rumah Sejarah Peradaban Kotawaringin Timur ini, tak hanya menambah daftar destinasi wisata di kota kita, tapi juga dapat sebagai tempat mempelajari sejarah dan mencintai adat budaya, termasuk karya cipta para leluhur kita.

Sejarah menunjuk kepada peristiwa-peristiwa istimewa atau penting pada waktu tertentu. Sedangkan peradaban dapat berarti kebudayaan dalam kaitannya dengan masyarakat yang kompleks.

Dicirikan dalam praktek pertanian atau hasil karya. Maka tentu saja kita akan dapat melihat kembali adat budaya masyarakat tempo dulu, baik dalam pertanian, perikanan, perkebunan, bahkan perdagangan yang meski lewat transportasi laut, tapi merambah hubungan luar negeri yang cukup berpengaruh pada kehidupan sosial masyarakat dengan dicirkan adanya barang barang anti yang dimiliki masyarakat kita baik dari Cina, Inggris, Belanda maupun Jepang. Anjungan ini untuk memberikan informasi mengenai benda benda maupun hasil kerajinan kepada masyarakat luas. Terumata generasi muda yang tidak sempat lagi melihat atau mengenalnya.                        

Kita sadari bersama bahwa Sampit merupakan kota jasa karena dari Banjarmsin  atau Palangka Raya menuju Seruyan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara, akan melewati Sampit. Demikian sebaliknya. Kondisi ini memberi peluang besar bagi masyarakat untuk membuka usaha di bidang jasa, termasuk tempat wisata. Maka saya optimis Anjungan Sampit akan mampu bekembang, ujarnya. Terlebih kekhasannya dengan karya cipta para leluhur yang berwujud benda dengan nuansa seni dan keterampilan pada zamannya. Ini akan memiliki daya tarik tersendiri yang menjadi keunggulan wisata. Tentu saja atas nama Pemerintah Daerah kami berharap adanya komitmen dunia usaha untuk turut mendukung berkembangnya Anjungan Sampit ini. Kepada Tokoh Adaat dan Masyarakat, mari kita sempurnakan dan pelihara bersama agar Kota Sampit semakin menarik untuk dikunjungi. Sehingga peluang usaha bagi masyarakat semakin terbuka lebar. (BID-PIKP)

Pelantikan Pengurus DPD KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur Masa Bakti 2019 - 2022 dengan tema “Semangat Baru Untuk Terus Berkarya Menjadi Pemuda Luar Biasa Menuju Era Revolusi Industri 4.0” telah dilaksanakan di Ikon Jelawat Sampit, Kamis (26/9) Pagi.

Acara Pelantikan dihadiri Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Forkompimda, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Tokoh KNPI yaitu mantan Bupati Kotawaringin Timur periode 2000 - 2010 Bapak Drs. H. M. Wahyudi K. Anwar, MM, dan mantan Wakil Bupati Kotawaringin Timur periode 2000 - 2005 Bapak Drs. H. M. Thamrin Noor, MM, Kepala SOPD, Kemenag, Ketua KNPI Provinsi Kalimantan Tengah, Beserta rombongan, Ketua KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur, Beserta Pengurus dan Anggota Tokoh Masyarakat, dan Jurnalis Media Cetak dan Elektronik.

Bupati Kotawaringin Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Drs.  H. M. Taufiq Mukri S.H., MM. mengatakan bahwa, hari ini satu tahapan untuk keberlangsungan organisasi ini telah dapat terlaksana yaitu pelantikan Dewan Pengurus Daerah KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2019 - 2022 sesuai hasil musyawarah Daerah XIV beberapa waktu yang lalu.

Berarti saat ini KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur telah memiliki kepengurusan yang Sah, yang selanjutnya akan melaksanakan program-program kerjanya. Untuk itu, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur mengucapkan selamat atas dilantiknya saudara-saudara sebagai Dewan Pengurus Daerah KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur periode 2019 - 2022

Beliau berharap KNPI mempunyai komitmen yang sama untuk memajukan Organisasi ini ke arah yang lebih baik serta dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan berbagai Program Pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur selain itu juga membantu mensukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan dilaksanakan beberapa bulan mendatang sebagai perwujudan dalam rangka menuju demokrasi yang bersih dan bermartabat di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Hal ini penting untuk ditekankan karena lahirnya KNPI itu sendiri diilhami dari rasa Kepekaan dan Kepeloporan Generasi Muda, dengan menggalang persatuan dan kesatuan, mengkonsolidasi keanekaragaman potensi, membentuk sinkronisasi dan sinergi pertisipasi dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional. Dalam konteks Pembangunan Daerah, Peranan Pemuda/KNPI haruslah dioptimalkan dalam rangka menyongsong kemajuan Kabupaten Kotawaringin Timur pada masa yang akan datang.

Kalau kita melihat kembali sejarah perjalanan Bangsa Indonesia, maka sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika kepeloporan pemuda mempunyai peran dan posisi yang sangat strategis. Berbagai moment penting bagi Bangsa kita, baik pada masa sebelum maupun setelah kemerdekaan, lahir dari ide, semangat dan kepemimpinan para pemuda. Bahkan pada masa Orde Baru, pemuda tampil mempelopori perubahan menjadi Era Reformasi pada Tahun 1998.

Sejarah pun juga membuktikan bahwa pemuda berperan penting dalam kemerdekaan dimana saja, di Negara mana saja Kemerdekaan tak luput dari peran pemuda. Karena pemudalah yang paling bersemangat dan ambisius memperjuangkan perubahan menuju lebih baik dan usia-usia itu tidak dapat diremehkan, mereka punya peran penting dalam perjuangan.

Maka dari itu jika ingin Indonesia menjadi lebih baik maka perbaikan itu yang utama ada di tangan pemuda, perbaikan itu akan tegak dari tangan pemuda dan dari pemuda.

Pemuda mempunyai banyak potensi, akan tetapi jika tidak dilakukan pembinaan yang menjadi adalah sebaliknya. Potensinya tak tergali, semangatnya melemah atau yang lebih buruk lagi ia menggunakan potensinya untuk hal-hal yang tidak baik misalnya tawuran dan sebagainya.

Beliau menegaskan hal yang perlu mendapat perhatian DPD KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur, sebagai berikut :

Pertama, mensukseskan pelaksanaan pemilukada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, yaitu dengan menciptakan suasana Aman dan Kondusif;

Kedua, mengembangkan organisasi kepemudaan secara professional, yaitu dengan menumbuh kembangkan semangat Patriotisme dan Nasionalisme kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Ketiga, menjadikan KNPI sebagai organisasi yang Egaliter dan bukan Organisasi Elite maupun Eksklusif.

Dalam Kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur Masa Bakti 2019 - 2022 Bung Endra Rosana, SE kembali dilantik sebagai ketua DPD KNPI Kabupaten Kotawaringin Timur, Sedangkan Sekretaris yaitu Bung Abdul Rahim, S.Pd. (BID-PIKP)

Dalam rangka pelaksanaan Gerakan Hari Bersih Sampah Se-Dunia (World Clean up Day) Tahun 2019, Pemerinatahan Kabupaten Kotawaringin Timur  melalui Dinas Lingkungan Hidup  Kabupaten Kotawaringin Timur telah mengadakan rapat koordinasi yang dilaksanakan di Aula Dinas Lingkungan Hidup,Rabu (25/9/2019).

Rapat Dipimpin oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Timur , di ikuti oleh SOPD terkait, Camat dan Lurah dalam kota Sampit, Komunitas Peduli Lingkungan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs.H.Sanggul Lumban Gaol, M.MT,  pada kesempatan itu menjelaskan bahwa tujuan Gerakan Hari Bersih Sampah se-Dunia adalah agar Lingkungan menjadi bersih, masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, untuk itu memerlukan keterlibatan semua SOPD, Camat, Lurah, Masyarakat.

Untuk Lurah diminta menetukan titik-titik lokasi yang akan dibersihkan. Kepada semua SOPD diminta mengirimkan personilnya untuk ikut kerja bakti dilokasi yang telah ditentukan namun yang utama semua SOPD melaksanakan kebersihan di lingkungan masing-masing.

Beliau juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur pada tahun 2020n akan menambah membangun Depo besar dan depo mini di beberapa lokasi, dan di Depo Besar nanti dibuat Ruang Terbuka Hijau/Taman.

Untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di buat taman edukasi, tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ditumbuhkan bahwa dakam kegiatan kerja bakti yang dijadikan rutin, agar kendaraan pengangkut sampah/tosa yang ada untuk dibawa ke lokasi kerja bakti, untuk memudahkan pengangkutan sampah ke Depo.

Beliau juuga berterimakasih kepada peserta rapat atas saran dan masukannya. (BID-PIKP)

MTQ KORPRI Tingkat Kabupaten Kotawaringin  Timur Tahun 2019 yang digelar di Islamic Center Sampit telah di tutup dengan resmi oleh Bupati Kotawaringin Timur yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kotawaringin Timur, Selasa (17/9/2019).

Acara penutupan dihadiri penutupan dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum, yang mewakili Kapolres Kotawaringin Timur, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur, Ketua LPTQ Kab. Kotawaringin Timur, Kepala SOPD, Dewan Hakim dan Panitera MTQ KORPRI, para peserta MTQ KORPRI dan undangan lainnya.

Bupati Kotawaringin Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum H. Imam Subekti, S.Pt, M.M mengatakan bahwa beliau menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak telah memberikan partisipasi dan atensi untuk kesuksesan penyelenggaraan kegiatan ini.

Momentum MTQ KORPRI ini hanya untuk melahirkan para juara yang akan menjadi wakil Kabupaten Kotawaringin Timur di ajang MTQ KORPRI Provinsi maupun tingkat Nasional, tetapi juga bermakna sebagai sarana peningkatan pemahaman, penghayatan dan pengalaman ajaran agama berdasarkan Al-Qur’an, memantapkan Ukhuwah Islamiyah, meningkatkan peranan umat Islam khususnya Pegawai Negeri Sipil dalam pembangunan keagamaan serta dalam menjalankan tugas kedinasan maupun kehidupan bermasyarakat.

Selain sebagai ajang kompetisi MTQ KORPRI Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2019 ini juga merupakan ajang silaturahmi antar Anggota Korpri serta meraih prestasi dunia dan akhirat. Saya berharap kiranya segiatan ini dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa bagi seluruh Anggota Korpri di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Beliau juga memberi apresiasi yang tinggi karena ternyata cukup banyak Anggota Korpri yang menguasai Seni Baca Al-Qur’an dan berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Para pemenang pada MTQ KORPRI Tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur nantinya akan mengikuti seleksi di Tingkat Provinsi untuk memperoleh tiket ke perhelatan MTQ KORPRI Tingkat Nasional. Diharapkan pada seleksi tingkat Provinsi utusan Kabupaten Kotawaringin Timur mampu meraih prestasi yang membanggakan. Pada MTQ KORPRI Tingkat Nasional Tahun 2018 perwakilan dari Kabupaten Kotawaringin Timur dapat menjadi juara ketiga cabang Khat Al-Qur’an Tingkat Nasional Golongan Kaligrafi Kontemporer perwakilan Bapak Kursani dan menjadi satu satunya pemenang perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah. Kiranya pada MTQ KORPRI Tingkat Nasional yang akan datang lebih banyak lagi perwakilan peserta yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kepada Dewan Pengurus KORPRI, tingkatkan terus kegiatan yang mampu mengapresiasi kelebihan para anggota Korpri.

Selanjutnya untuk pemenang beliau mengucapkan selamat dan siapkan diri untuk berkompetisi keajang yang lebih menantang lagi. Untuk peserta yang belum berhasil, masih banyak kesempatan untuk meraih prestasi karena MTQ KORPRI ini merupakan ajang tetap dua tahunan, harapnya. (BID-PIKP)

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kab. Kotim menggelar Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten yang dibuka oleh Wakil Bupati Kotawaringin Timur yang diselenggarakan pada tanggal 16-18 September 2019, bertempat di Islamic Center Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kab. Kotim, Wakil DPRD, MUI, LPTQ, SOPD, Dewan Juri dan Panitra MTQ korpri serta para peserta MTQ korpri dan tamu undangan.acara diawali oleh ketua panitia yaitu bapak Imam subekti, beliau mengatakan bahwa peserta MTQ adalah anggota pns pada setiap SOPD baik pada Dinas maupun Kecamatan se-Kabupaten Kotawaringin Timur, juga ada dari Instansi vertical yang ada di Lingkungan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Kotawaringin Timur Drs.H.Taufik Mukri SH.MM mengatakan bahwa kegiatan MTQ korpri merupakan ajang yang baik untuk meningkatkan sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa serta untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, berwibawa dan bermartabat sesuai tuntunan Alquran. Alquran diturunkan untuk menjadi pegangan bagi umat manusia agar memperoleh kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Hanya dengan Alquran semata, kita akan mendapatkan petunjuk yang sangat berguna untuk mengarungi kehidupan sehari hari menuju kejalan yang lurus dan benar, yaitu jalan yang diridhoi dan mengantarkan manusia untuk mencapai kebahagiaan  yang haqiqi di dunia dan di akhirat, ungkapnya.

Adapun cabang yang dimusabaqahkan atau dilombakan terdiri atas 5 cabang, yakni Tartil Qur’an, Tilawah Qur’an, Hifzhil Qur’an, Musabaqah Dakwah Alqur’an dan Musabaqah Khath Alqur’an.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu sebagai salah satu upaya pembinaan dalam peningkatan sikap mental anggota Korpri Kabupaten Kotawaringin Timur serta menjalin tali sillaturahmi antar anggota Korpri.


Bertempat di "IKON JELAWAT" Jl. Iskandar Sampit pada hari Jum’at 13 September 2019. Melalui Dinas P3AP2KB Kab. Kotawaringin Timur Mengadakan kegiatan senam MAUMERE atau GEMUFAMIRE dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2019.

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Kab. Kotawaringin Timur Bapak Drs. H. Taufik Mukhri SH. M.M dan peserta senam dihadiri oleh perwakilan SOPD Kab. Kotawaringin Timur, DPRD, DANDIM,Tim Penggerak PKK, Organisasi Wanita dan Masyarakat Kab. Kotawaringin Timur. (BID-PIKP)

 
 
Tuesday, 17 September 2019 03:27

SEMINAR MUSEUM KAYU SAMPIT DALAM RANGKA HARI MUSEUM INDONESIA

Written by

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah menggelar Seminar Sehari dalam rangka Hari Museum Indonesia dengan tema “Penyusunan Dokumen Strategi Pengembangan Museum Kayu Sebagai Wisata Edukasi di Sampit, bertempat di Gedung Serba Guna, Senin (16/9/2019).

Acara pembukaan dihadiri oleh Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, yang mewakili Kapolres Kotawaringin Timur, Kepala SOPD, Ketua Dewan Adat Dayak, Kepala UPT Museum Kayu, Peserta Peninjau, Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pelaku Budaya, Insan Pers Media Cetak dan Elektronik, Para Pelajar dan Mahasiswa.

Bupati Kotawaringin Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah H. Halikinnor, S.H, M.M. mengatakan bahwa sebagaimana telah kita lihat hari ini telah berkumpul semua unsur lapisan masyarakat baik para tokoh Masyarakat, Tokoh Agama Pengusaha, Kepala OPD, Ormas/OKP, LSM, Mahasiswa, Perwakilan Kaum Perempuan serta tokoh masyarakat lainnya mudah-mudahan setelah Seminar ini akan lahirnya konsep tentang strategi pengembangan Museum Kabupaten Kotawaringin Timur ke depan yang sesuai dengan dinamika masyarakat serta solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan pembangunan di berbagai sektor.

Sesuai dengan UU Pemajuan Kebudayaan RI No. 5 Tahun 2017. khususnya di dalam pasal 1 yang menyatakan Pemajuan Kebudayaan adalah upaya meningkatkan Ketahanan Budaya, dan Kontribusi Budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui Perlindungan, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Pembinaan Kebudayaan.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjalankan peran dalam rangka Pemajuan Kebudayaan, maka diselenggarakan seminar ini. Seminar ini dapat menjadi salah satu wadah penyampaian informasi mengenai khasanah pengetahuan kepada publik sehingga Museum Kayu Sampit, dapat memainkan peran aktif dalam proses belajar mengajar, menunjang pendidikan formal dan usaha mencerdaskan kehidupan bangsa, serta menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap negara bangsa Indonesia.

Rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Kabupaten Kotawaringin Timur hendaknya terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan terwujud dalam tingkah laku setiap diri pribadi masyarakat Kotawaringin Timur. Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan profesi kita masing-masing sehingga kata tersebut tidak hanya indah dalam tataran retorika tapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata.

Untuk mewujudkan strategi pembangunan sebagimana yang diharapkan oleh masyarakat kita, pengembangan museum sebagai edukasi akses pendidikan yang bermutu dan berdaya saing, baik Pendidikan Formal maupun Non Formal sehingga Museum mampu melahirkan generasi yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta memiliki Iman dan Taqwa (IMTAQ). Dengan strategi Pendidikan seperti ini ke depan diharapkan mampu menekan angka pengangguran di Kotawaringin Timur.

Pada kesempatan tersebut beliau mengajak kepada peserta seminar agar dalam Seminar ini dapat mencurahkan pikiran dan pendapat secara serius  guna menghasilkan sebuah rumusan baik dan bijak untuk pembangunan Kabupaten Kotawaringi Timur di masa mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur Drs. Fajrurahman, M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa, kunjungan ke Museum Kayu Sampit terus mengalami peningkatan yaitu pada tahun 2016 sebanyak 706 orang, 2017 sebanyak 1.689 orang, 2018 sebanyak 2.300 orang dan tahun 2019 ditargetkan sebanyak 3.500 pengunjung.

Beliau juga mengharapkan dukungan masyarakat semoga ada hal-hal yang dapat meningkatkan kemajuan Museum Kayu Sampit. (BID-PIKP)

Tuesday, 10 September 2019 14:25

AKADEMI JURNALISTIK PWI KABUPATEN KOTAWARINGIN TMUR

Written by

Bupati Kotawaringin Timur diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Kotawaringin Timur telah membuka acara Akademi Jurnalistik PWI Kabupaten Kotawaringin Timur 2019, Selasa (10/9-2019)

Acara pembukaan dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Kotawaringin Timur, yang  mewakili Dandim 1015 Sampit, yang mewakili Kejari Sampit, Kepala Dinas Kominfo, PMD, Pariwisata, Bappenda, Ketua KPU, Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua PWI Kotawaringin Timur, Jurnalis Media Cetak dan Media Elektronik , Guru- guru pendamping serta siswa-siswi dan mahasiswa peserta Akademi Jurnalistik PWI Kabupaten Kotawaringin Timur.

Bupati Kotawaringin Timur dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemeritahan Setda Kabupaten Kotawaringin Timur H.Nur Aswan,SH, mengatakan bahwa sehubungan dilaksanakannya acara Akademi Jurnalistik PWI Kabupaten Kotawaringin Timur hari ini, Pemerintahan Kabupaten Kotawaringin Timur merasa bersyukur dan patut berbangga, karena kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan SDM, termasuk juga pelajar dan pelaku Jurnalistik.

Salah satu misi pembangunan Pemerintah Daerah adalah meningkatkan pendidikan masyarakat, yang secara otomatis membangun sumber daya manusia. Peningkatan SDM agar yang bersangkutan bisa menjalankan tugas secara profesional.

Apa yang telah dilakukan oleh PWI Perwakilan Kotawaringin Timur merupakan satu langkah maju bagi dunia Jurnalistik di daerah ini pelatihan dalam bentuk akademi digelar wujud kepedulian PWI  Kotawaringin Timur terhadap perkembangan literasi di Kotawaringin Timur.

Kami harapkan agar ajang serupa bisa berlanjut ke depannya dengan pengembangan inovasi yang lebih jauh. Kami harapkan juga event ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan PWI saja, tapi juga dilaksanakan oleh organisasi yang lain.

Kiprah PWI Kotawaringin Timur dalam mengawal pembangunan di daerah ini sudah banyak terlihat, dengan melaksanakan berbagai kegiatan sehingga mampu mengantarkan PWI Kotawaringin Timur dua kali meraih penghargaan sebagai yang teraktif dan terinovatif untuk PWI Kabupaten di Kalimantan Tengah.

Prestasi yang diraih ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan apalagi seiring dengan perkembangan zaman di era teknologi seperti sekarang , tantangan semakin kompleks.

Disitu ada peran PWI untuk menjawab tantangan itu, mampu menjadi corong publik dalam menyampaikan informasi sesuai fakta, akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur juga mengharapkan Insan Pers di Kotawaringin Timur, khususnya yang tergabung dalam PWI agar mampu menangkal berbagai berita Hoax atau kabar yang bisa mengganggu situasi keamanan daerah.

Menyajikan berita memang harus sesuai fakta, tetapi tetap harus mengacu pada kaidah Jurnalistik, UU Pers Nomor 40 tahun 1999,  kode  etik Jurnalistik, dan peraturan undang-undang lainnya.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur juga akan selalu mendukung PWI Kotawaringin Timur agar selalu bergerak menjaga  stabilitas keamanan daerah dari segi pemberitaan. selalu berkiprah sesuai jalur Jurnalistik.

Harapan kami juga, pemberitaan yang mengkritik kebijakan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, agar disertai dengan solusi yang membangun karena ini penting dalam kemajuan pembangunan daerah.

Juga kami ucapkan selamat kepada PWI Kotawaringin Timur atas terselenggaranya acara ini, yang kami harapkan bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur juga mengucapkan selamat hari jadi PWI Kabupaten Kotawaringin Timur ke 27 tahun, usia yang sudah mulai menginjak dewasa,tentunya dengan usia ini kami berharap PWI selalu berperan dalam pembangunan daerah.

Kepada para peserta kami juga berharap agar berupaya maksimal dalam mengikuti pelatihan ini. Jadikan materi dalam pelatihan ini bekal pada kegiatan sehari-hari, dalam rangka turut serta membangun Kabupaten Kotawaringin Timur ke arah yang lebih baik.

Pada kesempatan itu Ketua PWI Kabupaten Kotawaringin Timur Andri Rizky Agustin mengatakan bahwa Kotawaringin Timur terkenal handal Jurnalisnya, banyak bibit-bibit jurnalis di Kotawaringin Timur. Untuk menjadi Jurnalis penuh tantangan, untuk itu kita mencoba mengalahkan hal demikian. Pada intinya kita bekerja sesuai kode etik jurnalistik.

Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah dalam sambutannya mengatakan bahwa jangan takut jadi Jurnalis. Untuk menjadi sukses dan berguna lakukan dengan ikhlas. Berinovasi, berjuang di jalur Jurnalistik, tekuni dan berkreasi serta berinovasi.(BID-PIKP)

Page 1 of 4
 
?>

Informasi Daerah

 


 

 

 

 

 

 

Inovasi

Inovasi2

Inovasi3

Inovasi4