Jumat, 18 Jun 2021 06:54

37 desa di Kotim belum terjangkau jaringan telekomunikasi

Ditulis oleh Admin
Nilai butir ini
(0 pemilihan)
Kepala Diskominfo Kotawaringin Timur Multazam (empat kiri) saat rapat sinkronisasi data blank spot di kantor Diskominfosantik Kalteng, Rabu (9/6/2021) lalu. ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng
 
Sampit (ANTARA) - Sebanyak 37 desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, belum terjangkau jaringan telekomunikasi sehingga menjadi perhatian serius pemerintah daerah untuk mencarikan solusinya.

"Kita ada sekitar 37 desa yang masuk data di Kementerian Kominfo untuk bisa difasilitasi pembangunan tower yang dilaksanakan oleh para provider atau perusahaan operator seluler. Desa-desa tersebut tersebar di 10 kecamatan. Terbanyak di Kecamatan Tualan Hulu," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur, Multazam di Sampit, Rabu.

Sarana telekomunikasi kini semakin dibutuhkan, tidak terkecuali bagi masyarakat di desa. Untuk itulah pemerintah daerah memperjuangkan agar harapan masyarakat tersebut bisa dipenuhi.

Pekan lalu Multazam memaparkan kondisi jaringan telekomunikasi di Kotawaringin Timur kepada pemerintah provinsi. Kegiatan tersebut sekaligus pencocokan data untuk selanjutnya disampaikan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk diusulkan pembangunan tower atau menara telekomunikasi.

Sesuai target Kementerian Kominfo, pembangunan tower di 37 desa tersebut bisa dituntaskan pada 2022 nanti. Pemerintah daerah berharap target itu bisa terwujud.

Solusi yang dilakukan Kementerian Kominfo adalah bekerjasama dan memfasilitasi provider atau perusahaan operator seluler membangun tower di desa-desa yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi.

Tahun ini Kotawaringin Timur mendapat jatah pembangunan tower di empat desa oleh salah satu provider melalui program bantuan untuk daerah non 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Empat desa tersebut berada di Kecamatan Telaga Antang, Antang Kalang, Pulau Hanaut dan Mentaya Hilir Selatan.

"Pembangunan tower di empat desa ini tidak termasuk dalam 37 desa yang diusulkan tersebut. Selain itu ada masuk enam usulan tapi sedang dalam proses karena lokasinya di kawasan hutan sehingga harus ada pinjam pakai kawasan hutan. Itu akan difasilitasi Kementerian LHK," tambah Multazam.

Baca juga: Sekretariat DPRD Kotim dukung peningkatan kemampuan peserta didik

Diakuinya, provider tentu akan menghitung secara ekonomi sebelum memutuskan berinvestasi membangun tower. Berbagai indikator akan menjadi pertimbangan seperti luas wilayah serta jumlah penduduk asli dan pendatang seperti di areal perusahaan perkebunan.

Solusi lain, kata Multazam, saat ini ada beberapa daerah yang mulai mengembangkan secara mandiri yakni desa bisa membangun tower dengan kekuatan daya dukung sekitar 350 kg, kemudian provider meletakkan peralatannya di situ. 

Dalam kerjasama ini, provider membayar sewa kepada BUMDes. Ini dinilai menguntungkan karena desa akan mendapat dua hal positif yakni akses internet sekaligus pemasukan dari sewa tower oleh provider. 

Pihaknya sedang mengkaji peluang ini, namun sebagai rujukan sudah ada daerah lain yang melaksanakan ini. Program itu juga sudah diaudit dan dinyatakan aman dalam hal pengelolaan anggarannya.

Saat ini juga ada rencana salah satu desa di Kotawaringin Timur yakni Desa Batu Agung yang ingin membangun menara masjid, kemudian di atasnya bisa ditambahkan peralatan milik provider untuk mendukung jangkauan telekomunikasi. Hal ini masih dalam pertimbangan pihak desa.

"Desa-desa di Kotawaringin Timur ini sebenarnya terlintasi jaringan 4G, cuma daya tangkap dan keterbatasan peralatannya karena peralatan itu diatur oleh Kementerian Kominfo sehingga tidak bisa sembarangan. Ada juga yang membangun sistem VSAT atau satelit, tapi itu terbatas dan relatif mahal," demikian Multazam.

Baca juga: Pemkab Kotim berharap swasta tingkatkan bantuan pembangunan daerah

Pewarta : Norjani
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA2021
 
Sumber : https://kalteng.antaranews.com/berita/484150/37-desa-di-kotim-belum-terjangkau-jaringan-telekomunikasi
Baca 46 kali

Lokasi

Hubungi Kami

Dinas Komunikasi dan Informatika
Kabupaten Kotawaringin Timur
Jl. Ahmad Yani No. 118 Sampit, Kalimantan Tengah 74300
e-mail : diskominfo@kotimkab.go.id
Telepon: (0531) 2068544
© 2021 Diskominfo Kab. Kotim